+62822-999-888-50

4 Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Content Marketing Platform

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

SEO tetap menjadi salah satu faktor paling penting dalam peringkat situs web di Google.

Menurut survei dari berbagai agensi digital marketing, 32% dari mereka menyatakan bahwa SEO merupakan layanan yang paling banyak menghasilkan pendapatan bagi mereka.

Tetapi karena kemajuan teknologi dan mesin pencari terus berevolusi dan selalu menyesuaikan algoritma mesin pencari itu sendiri, SEO bisa jadi sebuah tema ‘liar’ yang sulit untuk diikuti,bahkan bagi orang-orang yang telah berpengalaman di bidang SEO.

Ini berarti Anda bisa jadi telah mengabaikan nilai SEO yang signifikan di situs Anda.

Dengan kata lain, jika Anda melewatkan strategi utama SEO, hal ini dapat berdampak serius pada pendapatan bisnis Anda.

Maka dari itu, terapkan keempat strategi SEO yang sering diabaikan berikut ini untuk meningkatkan peringkat website Anda secara signifikan dan menyelamatkan pendapatan bisnis Anda.

1. Tingkatkan Kecepatan Halaman (Page Speed) dengan Mengompresi Gambar

Gambar merupakan salah satu faktor terbesar yang memperlambat waktu loading halaman web. Faktanya, rata-rata gambar memiliki porsi 68% dari total size halaman web.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Tetapi meskipun banyak orang yang mengetahui bahwa pagespeed merupakan faktor penting untuk peringkat SEO, untuk masalah optimasi ini ukuran gambar masih sering diabaikan.

Salah satu alasannya adalah karena jika Anda membuka halaman website Anda (dan reloading) melalui komputer atau perangkat mobile, halaman tersebut kemungkinan telah di-cache.

Cache web menyimpan sementara data pada halaman web untuk mengurangi server lag (alias kecepatan halaman).

Dengan kata lain, begitu halaman telah dimuat dan di-cache, server akan menyediakan versi cache untuk menghemat waktu ketika nanti Anda membuka kembali membuka halaman tersebut.

Walaupun membersihkan cache seminggu sekali merupakan ide yang baik untuk meningkatkan waktu respon yang diambil, hal ini bisa secara tidak sengaja memberikan kesan bahwa situs web memuat halaman lebih cepat daripada yang sebenarnya.

Yang menjadi masalah adalah jika Anda tidak memeriksa page speed dari komputer lain atau dengan alat pengukur pagespeed, Anda mungkin tidak sadar bahwa gambar milik Anda menyebabkan keterlambatan loading pada pengguna akhir.

Dan ketika 53% pengguna meninggalkan situs web yang memerlukan lebih dari tiga detik untuk dimuat, itu adalah kesalahan fatal. Seperti yang Anda lihat di bawah ini, kemungkinan pengabaian halaman meningkat 32% setelah hanya tiga detik.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Intinya: Jika gambar Anda memperlambat waktu loading situs Anda – bahkan jika hanya sedetik – Anda bisa membuat pengguna frustasi dan meningkatkan bounce rate (dua faktor penting peringkat SEO).

Untungnya, ada cara mudah dan sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk meningkatkan waktu loading dan meningkatkan tingkat kepuasan dan retensi pengguna, pertama-tama, Anda harus mengevaluasi kecepatan situs Anda, kemudian mengubah ukuran gambar-gambar yang bermasalah.

Apa yang dimaksud dengan retensi pengguna merujuk pada bagaimana Anda memelihara hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan atau pengunjung situs. Karena itulah Anda perlu melakukan beberapa hal berikut.

Evaluasi kecepatan halaman Anda

Ada banyak tool gratis yang dapat Anda gunakan untuk menguji kecepatan halaman Anda.

PageSpeed ​​Insights dari Google tidak hanya bagus untuk mengukur waktu loading melalui mobile phone dan desktop, tetapi tool ini juga akan mengidentifikasi penyebab dari setiap hal yang memperlambat website Anda, termasuk gambar.

Jika gambar mempengaruhi lag pada halaman, PageSpeed ​​Insights akan membuat daftar gambar mana yang perlu Anda optimalkan.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Saat mengoptimalkan halaman Anda, penting untuk menjadikannya mobile-friendly.

Sejak Google menyatakan bahwa indeks hasil pencarian mobile lebih diprioritaskan daripada desktop, situs web yang mobile-friendly akan memiliki peringkat lebih tinggi daripada situs yang tidak dioptimalkan.

Berdasarkan analisis ini, landing page situs Target memiliki kecepatan rata-rata sekitar 2,2 detik dan pengoptimalan yang baik di angka 88/100.

Meskipun ini bukan skor sempurna di PageSpeed ​​Insights, nilai ini cukup baik. Dan, dengan sedikit perubahan pada gambar, mereka bisa melihat lonjakan pagespeed situs mereka.

GTMetrix adalah tool pagespeed lain yang akan membantu Anda mengidentifikasi penyebab loading website yang lama.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Tool ini akan mengungkap setiap masalah yang dimiliki situs Anda dan merekomendasikan tips untuk membantu Anda memperbaiki setiap masalah tersebut.

Dan tool ini menjelaskan masalah dan solusi yang lebih mendalam jika dibandingkan dengan PageSpeed Insight.

Jika Anda memiliki gambar yang menyebabkan waktu loading lambat, daftarnya akan tercantum di sini.

RankPay memanfaatkan GTmetrix untuk mengurangi bounce rate sebesar 20% dan meningkatkan kecepatan halaman mereka sebesar 20%.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Seperti yang Anda lihat, memperbaiki masalah kecepatan halaman ini tidak hanya akan membantu Anda meningkatkan ranking untuk SERP, tetapi juga meningkatkan UX experience.

Kompres gambar yang bermasalah

Setelah Anda mengevaluasi kecepatan halaman Anda, langkah selanjutnya adalah menganalisis elemen apa yang membuat kecepatan situs Anda menurun.

Dan, ukuran gambar besar biasanya merupakan penyebab utama dalam memperlambat situs web.

Ingat: gambar yang lebih kecil = kecepatan halaman yang lebih cepat.

Jika Anda menggunakan Photoshop, Lightroom, atau tool serupa, Anda ingin memastikan gambar Anda memiliki lebar 1500 piksel atau kurang.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Kuncinya di sini adalah untuk menyeimbangkan kualitas gambar dengan ukuran file.

Tujuannya adalah untuk menggunakan ukuran file terkecil sekaligus mempertahankan kualitas gambar.

Ada beberapa jenis file gambar untuk digunakan, tetapi yang paling umum adalah JPG dan PNG.

Di bawah ini adalah contoh gambar JPG yang tidak dikompresi vs dikompresi. Gambar asli dan tak tersentuh berukuran 2,06 MB.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Di bawah ini gambar yang sama memiliki kompresi rendah. Hal ini untuk menjaga kualitas gambar tetapi juga tidak tidak terlalu mengecilkan ukuran file.

Halaman web tidak boleh berukuran lebih dari 1-2 MB. Mengkompresi gambar memang memperkecil gambar itu dari ukuran aslinya, 590 KB masih merupakan porsi yang signifikan dari berat optimal halaman.

Di sisi lain, ada kemungkinan dalam melakukan terlalu banyak kompresi.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Ketika gambar dikompresi terlalu tinggi, ukurannya menjadi jauh lebih kecil di 68KB.

Tapi kualitasnya buruk.

Anda tentu ingin melakukan kompresi yang tepat.

Dalam hal ini, tingkat kompresi terbaik pada gambar adalah di tengah-tengah. Hal ini memungkinkan kita mempertahankan kualitas sekaligus secara signifikan mengurangi ukuran file (dan kecepatan halaman terkait).

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Jika Anda bukan ahli Photoshop (atau tidak ingin mengeluarkan uang untuk berlangganan Adobe Suite), Anda bisa menggunakan tool kompresi seperti TinyPNG.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

TinyPNG memungkinkan Anda mengubah ukuran hingga 20 gambar PNG atau JPG secara gratis. Cukup drag dan drop file Anda ke halaman mereka dan mereka akan melakukan kompresi untuk Anda.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak file, ada juga versi Pro mulai dari hanya $ 25 untuk berlangganan tahunan.

Dan, mereka memiliki plugin WordPress.

2. Tingkatkan CTR dengan Google Search Console

Jujur saja, kapan terakhir kali Anda memperhatikan meta description Anda? Atau mencoba membersihkan URL yang kurang performanya buruk?

Meskipun CTR bukan faktor peringkat yang telah terbukti, meningkatkan CTR organik akan membantu meningkatkan ranking organik website Anda.

Pada tahun 2009, pemimpin webspam Google, Matt Cutts, menjawab pertanyaan terkait CTR di YouTube:

“Tidak masalah seberapa sering situs Anda muncul. Hal yang penting adalah seberapa sering halaman Anda diklik dan kemudian seberapa sering Anda … mengkonversinya menjadi apapun yang Anda inginkan (penjualan, pembelian, langganan) … Luangkan waktu untuk melihat judul Anda, URL Anda, dan snippet Anda yang dihasilkan Google, dan lihat jika Anda dapat menemukan cara untuk meningkatkannya dan membuatnya lebih baik bagi pengguna karena setelahnya mereka akan cenderung mengeklik. Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung, Anda akan mendapatkan penghasilan yang lebih baik atas investasi Anda. ”

Masih ingin lebih banyak bukti?

Perusahaan suku cadang otomotif meningkatkan CTR sebesar 20% dan mendapat klik organik 30% lebih banyak.

Perusahaan software B2B lainnya mendapat peningkatan visitor organik per bulan dari 35.000 menjadi 225.000 meningkatkan CTR mereka.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Meningkatkan CTR berdampak pada peringkat yang lebih baik, lebih banyak traffic, dan meningkatkan brand awareness. Untuk meningkatkan CTR, gunakan Google Search Console untuk memandu langkah selanjutnya.

Update halaman yang performanya buruk

Sebelum Anda dapat mengidentifikasi halaman apa yang harus Anda update, Anda perlu mendapatkan CTR dasar.

Untuk menemukannya, masuk ke Google Search Console> Status> Performance.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Dalam contoh di atas, CTR rata-rata adalah 5,6%. Saat telah memiliki rata-rata ini, Anda dapat mulai mengungkap konten apa yang perlu diperbarui.

Dalam report yang sama di Google Search Console, pastikan Total Clicks, Total Impressions, dan Average CTR dicentang. Kemudian, Pages di bagian bawah.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Di situ terdapat daftar halaman dengan performa terbaik.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Untuk menemukan halaman yang perlu di-update, klik tombol panah untuk membalik CTR. Anda akan mendapatkan daftar halaman yang performanya buruk.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Selanjutnya, lihat halaman-halaman yang performanya buruk untuk menemukan halaman dengan impresi tinggi dan klik yang rendah.

Dengan demikian Anda bisa mengetahui halaman apa saja yang muncul di SERP, tetapi tidak menerima klik.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Hal-hal seperti ini mengingatkan kita untuk meninjau strategi keyword, meta description, dan keseluruhan konten halaman ini.

Strategi ini berhasil. Lihat saja Siege Media yang mengambil satu klien dari nol hingga 100.000 pengunjung.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Dan, bagaimana Bill Hunt mengolah meta description Absolut berdasarkan kecenderungan pengguna untuk meningkatkan CTR dari 1,69% menjadi 14,81% hanya dalam 45 hari.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Meskipun hal ini mungkin tampak seperti pekerjaan ekstra yang cukup banyak, usaha Anda akan terbayar pada akhirnya.

Baca Juga : Strategi SEO Supaya Website Muncul di Halaman Pertama Google

3.Gunakan Mention Tanpa Link (Linkless Mention) untuk Membangun Nilai Ranking

Ya, Anda membacanya dengan benar.

Meskipun bertentangan dengan pemahaman tradisional tentang SEO, membuat link building tanpa link menjadi bagian penting dari strategi ranking.

Gary Illyes, Analis Google Webmaster Trends, mengatakan saat keynote-nya di Brighton SEO:

Jika Anda mempublikasikan konten berkualitas tinggi yang banyak dikutip di Internet – dan saya tidak hanya berbicara tentang link, tetapi juga disebut-sebut di jejaring sosial dan orang-orang membicarakan tentang brand Anda, omong kosong seperti itu. Maka Anda hebat. ”

Idenya adalah bahwa brand yang mengumpulkan banyak mention, baik di media sosial maupun di situs web dan konten berdurasi panjang, akan lebih dipercaya dan memiliki nilai lebih di mata mesin pencarian.

Walaupun strategi ini sering terlewatkan, baik Google maupun Bing telah menunjukkan bahwa metode penyebutan brand tanpa link menjadi faktor dalam bagaimana mesin pencari mengukur otoritas dan kualitas.

Bahkan, Duane Forrester, mantan manajer produk senior di Bing mencatat kembali pada tahun 2016 bahwa Bing sudah:

“menemukan konteks dan bagaimana menghubungkan linkless mention. Seiring pertumbuhan volume dan kepercayaan atas mention ini, Anda akan mendapatkan ranking yang berbeda … ”

Tetapi Bing bukan satu-satunya. Google mereferensi linkless mention sebagai “link tersirat” dalam paten mereka:

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Dan itu masuk akal.

Selama bertahun-tahun, pemasaran dari mulut ke mulut dan share di media sosial bisa membangun dan merusak brand.

Tidak mengherankan jika mesin pencari menggunakan modal sosial ini sebagai indikator utama kepercayaan dan keyakinan konsumen.

Cara melacak linkless mention

Anda harus menggunakan alat untuk memantau web untuk Anda.

Ada berbagai pilihan, contohnya Awario atau SEMrush.

Mari kita lihat Awario.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Awario adalah tool pemantauan yang memungkinkan Anda melacak percakapan seputar brand Anda (serta brand pesaing) di web secara real-time.

Untuk memulai, buat akun dengan email pilihan Anda. (Ada uji coba gratis dua minggu sebelum Anda memilih paket berbayar).

Setelah Anda membuat akun, siapkan campaign (atau project) untuk memantau penyebutan brand.

Awario akan meminta Anda memasukkan kata kunci yang ingin Anda lacak.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Misalnya, katakanlah Anda ingin melacak penyebutan Photoshop.

Jadi masukkan “Adobe Photoshop” ke dalam field yang tersedia.

Setelah selesai menambahkan kata kunci ke campaign Anda, Awario membawa Anda ke dasbor yang memberi Anda pandangan sekilas ke monitor Anda saat ini.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Seperti yang Anda lihat di sini, Awario mengumpulkan data tentang:

  • Jumlah total sebutan untuk kata kunci itu
  • Sentimen (yaitu, apakah mention berupa hal negatif atau positif)
  • Jangkauan penyebutan tadi
  • Siapa pemberi pengaruh atau influencer teratas yang telah menyebutkan kata kunci Anda
  • Dari mana sebutan itu berasal
  • Bahasa apa yang digunakan dalam percakapan

Selain itu, Anda dapat memfilter data untuk melihat penyebutan dari platform tertentu, seperti Facebook, Twitter, atau YouTube.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Informasi ini membantu Anda melacak di mana brand atau produk Anda sedang tren serta seberapa baik peluang terhadap pesaing.

Ukuran Sentimen Awario adalah data yang sangat berguna untuk diukur karena memungkinkan Anda mengukur keseluruhan reputasi merek Anda (yaitu, apakah dianggap baik atau tidak).

Faktanya, pada acara State of Search tahun lalu, Gary Illyes dari Google menyebutkan bahwa Google menggunakan analisis sentimen untuk mengevaluasi sentimen off-site untuk memberi tahu peringkat mereka.

Ini berarti bahwa pelacakan penyebutan brand tanpa kink dan sentimen terkait dapat memberikan keuntungan kepada para ahli SEO atas pemasar yang gagal melacak link tersirat.

Cara menggunakan menggunakan tanpa link untuk mengoptimalkan peringkat pencarian

Setelah Anda memiliki tool pemantauan brand, sekarang saatnya menggunakan informasi yang Anda ambil untuk mengarahkan campaign yang akan membangun peringkat dan otoritas online Anda.

Untungnya, banyak strategi untuk linkless mention yang sama dengan campaign link building tradisional.

Sebagai contoh, katakanlah Anda melacak penyebutan merek Anda dan perhatikan ulasan negatif terbaru yang dipublikasikan di Yelp.

Apa yang bisa kamu lakukan?

Nah, ketika 68% konsumen akan membentuk opini tentang bisnis Anda setelah membaca hanya 1-6 ulasan online, Anda perlu memperhitungkan setiap review (dan tanggapan).

Bagaimana Anda harus merespons tergantung pada review, tetapi berikut adalah beberapa aturan praktis dari ReviewTrackers:

  • Selesaikan masalah dan berikan solusi.
  • Memperkuat pengalaman positif yang disebutkan pelanggan.
  • Berikan permintaan maaf yang tulus sesuai kebutuhan.

Perhatikan bahwa menanggapi review dan berpartisipasi dalam percakapan bukan hanya kesempatan untuk mengatakan hal positif mengenai brand tetapi juga untuk membangun suara brand Anda.

Meskipun Anda berkomunikasi secara virtual, gunakan peluang ini untuk menunjukkan sisi manusia merek Anda.

Dengan kata lain, jangan jadi robot.

Akan sangat baik bila Anda membalas komentar negatif maupun positif. Bersikaplah ramah.

Saat SEO meluas hingga ke manajemen brand, Anda akan melihat banyak tumpang tindih antara tim di departemen pemasaran Anda.

SEO tidak lagi hanya tentang membangun backlink dan menulis copy yang kaya kata kunci.

Sebaliknya, SEO off-page menjadi sama pentingnya dengan SEO on-page.

Agar berhasil, Anda harus berkolaborasi dengan tim di bidang lain untuk menjalankan campaign yang kuat dan terpadu.

4. Optimalkan Konten Anda untuk Pencarian Suara (Voice Search)

Gambar bukan satu-satunya tempat Anda dapat mendapatkan lebih banyak nilai SEO.

Dengan kemajuan Siri, Google Assistant, dan sistem AI cerdas lainnya, pencarian suara telah menjadi semakin umum di kalangan pengguna mobile.

Faktanya, sebanyak 40% orang dewasa yang online menggunakan penelusuran suara setidaknya satu kali setiap hari.

Beberapa perkiraan menempatkan pencarian suara di lebih dari satu miliar pertanyaan per bulan, dan lebih dari 50 juta perangkat yang diaktifkan oleh suara sedang beredar pada Januari 2018.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Dan tren pencarian suara baru dimulai. Setidaknya 20% penelusuran mobile sekarang adalah penelusuran suara.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Pergeseran dalam cara pengguna menggunakan dan berinteraksi dengan mesin pencari pasti akan mempengaruhi taktik SEO.

Untungnya, untuk saat ini, sebagian besar strategi untuk SEO reguler juga berlaku untuk pengoptimalan pencarian suara – tetapi tidak semua.

Jika Anda ingin tetap menjadi yang terdepan, termasuk optimasi pencarian suara adalah suatu keharusan.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Bagaimana mesin pencari memberi peringkat hasil pencarian suara?

Tempat pertama yang harus dicari untuk menjawab pertanyaan ini adalah Google. Untuk memahami bagaimana dan di mana untuk mengoptimalkan, Anda harus memahami peringkat Google.

Biasanya, hasil pencarian suara Google cenderung mendukung jawaban ringkas.

Anda dapat melihat di panduan penelusuran suara Google bahwa penekanan ditempatkan pada seberapa baik konten memenuhi kebutuhan pengguna dan apakah hal itu dilakukan dengan jelas dan ringkas.

Kedua tujuan ini didefinisikan sebagai “Needs Met” dan “Speech Quality.”

Needs Met

Strategi SEO yang Sering Diabaikan Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Anda dapat lihat di atas bahwa respons yang diberi nilai tertinggi adalah yang sepenuhnya (tapi ringkas) menjawab pertanyaan.

Bahkan, Backlinko melakukan penelitian terhadap 10.000 hasil pencarian suara dan menemukan bahwa rata-rata jawaban pencarian suara hanya 29 kata.

Speech Quality

Strategi SEO yang Sering Diabaikan Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Google tidak hanya mencari jawaban singkat, tetapi juga lebih suka konten yang mudah dibaca.

Ini berarti konten menggunakan struktur kalimat dan kosa kata yang sederhana. Hasil pencarian suara Google rata-rata ditulis pada usia kelas 9.

Cara mengoptimalkan faktor peringkat pencarian suara

Berdasarkan informasi di atas, Anda harus fokus pada konten yang tepat terarah dan jelas.

Bagian FAQ adalah tempat paling baik untuk membuat jawaban yang relevan untuk penelusuran suara karena FAQ berisi pertanyaan langsung dengan jawaban singkat.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Tetapi Anda juga dapat menambahkan pertanyaan ke landing page untuk mengarahkan lebih banyak pencarian suara ke situs Anda.

Tujuannya adalah untuk mengelompokkan pertanyaan pada satu halaman untuk pertanyaan dan jawaban yang terdengar natural.

Seperti yang dilakukan Hotel Nikko dengan halaman FAQ mereka. Mereka melihat peningkatan CTR 63% setelah mengoptimalkan halaman FAQ mereka.Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Opsi lain adalah membuat posting blog bentuk panjang yang menjawab pertanyaan kata kunci percakapan long-tail tertentu.

Rata-rata jumlah kata untuk halaman result adalah 2312 kata.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Ini tidak berarti bahwa panjang konten itu sendiri adalah faktor peringkat untuk penelusuran suara. Namun, dengan konten berdurasi panjang muncul peluang lebih besar untuk menyertakan istilah pencarian yang relevan.

Hal ini mungkin menjadi penyebab mengapa ada korelasi tinggi antara konten yang lebih panjang dan hasil pencarian suara.

Manfaatkan tren ini dengan membuat konten berformat panjang dan kaya seputar topik kata kunci utama.

MakeSpace melompati 65 posisi dalam satu hari dengan membuat konten berformat panjang.Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Dan, MrGarageDoor.com mendapat peningkatan jumlah kunjungan per bulan dari nol menjadi lebih dari 2.400 kunjungan sebagai dampak dari pembuatan konten blog bentuk panjang.

Strategi SEO yang Sering Diabaikan

Tujuannya adalah memberikan jawaban atas pertanyaan yang ditanyakan pengguna Anda.

Jika Anda memiliki halaman penuh konten yang tidak membahas apa yang sebenarnya ingin diketahui oleh pengguna Anda, maka itu tidak bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga : Tool Riset Keyword Gratis yang Wajib Dicoba Google Publisher

Kesimpulan

SEO memiliki premis dasar: membangun link dan otoritas untuk menentukan peringkat dalam SERP.

Tetapi dengan algoritma yang selalu berubah, data pesaing, dan ratusan tool, strategi, dan pendekatan, sangat mudah untuk melihat bagaimana Anda dapat tersesat.

Karena SEO memiliki dampak yang signifikan terhadap pendapatan bisnis, pemasar digital tidak dapat mengabaikan strategi apa pun yang memberikan nilai SEO tambahan.

Optimalkan ukuran gambar Anda untuk meningkatkan kecepatan halaman. Ubah ukurannya sesuai kebutuhan.

Tambahkan nama file gambar deskriptif ke gambar Anda sehingga Google memberi peringkat untuk kata kunci juga.

Gunakan mention tanpa link untuk membangun nilai ranking Anda.

Yang terakhir, pastikan untuk mengoptimalkan situs Anda untuk pencarian suara.

Meskipun beberapa hacks SEO ini mungkin tampak sederhana, namun nilai gabungan mereka dapat memiliki pengaruh besar pada keseluruhan ranking Anda.

 

Sumber : neilpatel.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *