+62822-999-888-50

Biar Semakin Luas, Ini 5 Tempat yang Bisa Dijadikan Sasaran Konten Marketing Selain Media Sosial

Content Marketing Platform

konten marketing

Aidia Network – Kamu tentu tahu kalau dunia konten marketing itu tidak bisa jauh-jauh dari internet. Selain karena persebaran kontennya memang dilakukan di sana, hal ini berfungsi untuk membedakan konten marketing dengan strategi marketing tradisional yang memanfaatkan media-media lama seperti televisi, koran, radio, baliho, atau brosur.

Dalam internet sendiri sebenarnya ada segudang platform atau tempat yang bisa kamu gunakan untuk menerapkan konten marketing. Media sosial adalah salah satu contoh yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis. Media sosial masih terbagi lagi menjadi banyak pilihan, ada Instagram, Facebook, Twitter, Snapchat, dan lain-lain. Tinggal pilih yang sesuai dengan karakteristik usaha dan target pasarnya.

Nah, ternyata ada banyak sekali tempat sasaran konten marketing selain media sosial yang bisa kamu gunakan untuk menyebarkan konten bisnismu lho. Ibaratnya tempat ini sama-sama ramai, penuh orang, dan besar kemungkinan bisa menjaring calon-calon customer. Berikut daftarnya…

5 Sasaran Konten Marketing Selain Media Sosial

1. E-Commerce

E-Commerce - 5 Sasaran Konten Marketing Selain Media Sosial - AidiaNetwork.com

Kamu tentu tidak asing dengan nama-nama seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, atau Elevenia. Ya, semua itu adalah e-commerce site, atau nama lainnya mall online, atau marketplace. Kamu bisa mendaftarkan usahamu di sana secara gratis dan membuat konten menarik untuk memikat khalayak. Konten yang paling mungkin dimasukkan di sana adalah foto. Jadi buatlah foto produk sekreatif mungkin, agar orang bisa tertarik.

2. Website

Website - 5 Sasaran Konten Marketing Selain Media Sosial - AidiaNetwork.com

Pilihan lain adalah website. Bisa dibilang website ini tempat paling fleksibel. Kenapa? Karena kamu bisa mengunggah konten dalam bentuk apapun, mau foto, video, tulisan, semua bisa. Berbeda dengan kebanyakan platform yang fokus pada satu atau beberapa bentuk konten saja. Kamu juga bisa mengatur websitemu agar pengunjung bisa langsung melakukan order di sana. Jangan lupa bangun website yang mengungkapkan identitas brandmu. Misalnya dari pemilihan tema, font, hingga tata bahasa.

3. Forum komunitas

Forum - 5 Sasaran Konten Marketing Selain Media Sosial - AidiaNetwork.com

Mungkin belum banyak yang kepikiran dengan platform satu ini. Ya kalau dibandingkan dengan Instagram, Facebook, atau marketplace, platform ini kurang begitu populer. Tapi jangan dulu meremehkan. Karena banyak sekali forum komunitas yang punya banyak anggota. Tentunya kamu harus memilah komunitas yang sesuai dengan karakter brandmu. Misalnya kamu punya usaha di bidang traveling, tentu akan lebih tepat kalau kamu menyasar komunitas pecinta alam. Dengan bergabung di forum komunitas tertentu, target pasarmu otomatis akan terseleksi secara otomatis. Di sana kamu bisa mempromosikan produkmu lewat foto atau video.

4. Email (Newsletter)

konten marketing

Pernahkah kamu menerima email berkala berupa informasi suatu produk, jasa, atau bahkan promosi dari sebuah brand? Kalau pernah, berarti kamu telah terdaftar sebagai salah satu penerima newsletter. Mungkin tanpa disadari, kamu pernah menuliskan emailmu di sebuah website brand tertentu, itu artinya setiap beberapa hari atau bulan sekali, kamu akan menerima semacam informasi atau berita tentang brand yang bersangkutan. Nah, kenapa kamu tidak membuatnya untuk brandmu sendiri? Biasanya ini akan terintegrasi dari website. Kalau kamu sudah punya website, tambahkan fitur newsletter ini ya.

5. E-Book

konten marketing

Saat bisnismu sudah berjalan cukup lama, mengapa tidak mengembangkan platform baru seperti e-book atau electronic book? Bentuknya bisa dalam pdf. Untuk isinya sebenarnya tergantung kreatifitasmu. Mungkin kamu bisa membuat e-book yang isinya segala macam informasi tentang produk yang pernah kamu buat. Mulai dari varian bentuknya, pemilihan bahan, dan lain sebagainya. E-book semacam ini nanti bisa digunakan sebagai panduan bagi pelanggan.

Atau bisa juga tentang seluk beluk identitas perusahaanmu. Mulai dari nama dan artinya, logo, visi misi, dan lain-lain. Berkreasilah sebebas-bebasnya, posisikan dirimu sebagai pelanggan, dan tanyakan pada dirimu apa yang kamu ingin tahu soal brand tersebut.

Nah, bagaimana? Sudah siap mengembangkan bisnis lebih luas lagi?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *