+62822-999-888-50

Peran Copywriter dan Prospeknya Di Dalam Dunia Marketing yang Perlu Anda Tahu

Content Marketing Platform

copywriter

Aidia Network – Profesi copywriter memang belum begitu banyak dikenal seluruh masyarakat. Tentu berbeda jika profesi tersebut disandingkan dengan pekerjaan lain seperti dokter, guru, polisi, atau tentara. Copywriter jelas kalah populer. Tapi jangan salah, keberadaannya di dunia digital seperti sekarang sangat penting. Dalam sebuah bisnis tentu perlu adanya orang yang mampu mempromosikan suatu produk atau jasa lewat tulisan yang nantinya terpampang di website, media sosial, atau aplikasi chat. Nah, itulah tugas copywriter. Jadi, copywriter bukanlah tukang fotokopi atau membuat kopi, seperti yang disangkakan banyak orang.

Kalau diartikan dari namanya, copy dalam copy writer ini bukan berarti menduplikasi sesuatu seperti artinya jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia. ‘Copy’ di sini bisa berarti hal-hal yang ditulis oleh seseorang, seperti jurnalis, novelis, atau penulis lainnya. Biasanya copy ini lebih merujuk pada teks yang terdapat dalam iklan, bisa iklan TV, radio, pamflet, website, spanduk, dan lain sebagainya. Inilah yang membedakan copywriter dengan content writer. Copywriter lebih fokus pada dunia promosi.

Nah, lebih lanjut lagi, mari kita bahas bersama soal peran copywriter dan prospeknya di dalam dunia marketing ini.

Peran Copywriter dan Prospeknya Di Dalam Dunia Marketing

1. Copywriter bisa dikategorikan sebagai tim kreatif

Peran Copywriter dan Prospeknya Di Dalam Dunia Digital Marketing - AidiaNetwork.com

Seorang copywriter dituntut untuk punya kemampuan komunikasi yang baik, berimajinasi tinggi, berjiwa seni dan kreatif, karena ia akan bekerja untuk menulis teks, deskripsi, atau tulisan apapun yang bisa menarik pembeli. Karakteristik itulah yang membuatnya menjadi bagian dari tim kreatif bersama desain grafis atau art director. Ia ikut berpikir bagaimana membuat iklan yang bisa masuk sementasi pasar yang dituju.

2. Pekerjaan utama copywriter memang menulis, tapi di lapangan, ia tidak cuma harus bisa menulis

Peran Copywriter dan Prospeknya Di Dalam Dunia Digital Marketing - AidiaNetwork.com

Kalau untuk murni menulis saja, anak SD juga bisa. Tapi tantangan bagi seorang copywriter lebih dari itu. Ia diharuskan bisa menulis untuk urusan komersil. Ada target yang harus dicapai, salah satunya menigkatkan penjualan. Di sini ia bekerja sama dengan tim marketing. Umumnya, profesi ini ditekuni oleh mereka lulusan Ilmu Komunikasi. Tapi sebenarnya siapapun bisa menjadi copywriter, asalkan memenuhi kriteria yang diharapkan.

3. Copywriter dituntut untuk bisa memengaruhi orang

Peran Copywriter dan Prospeknya Di Dalam Dunia Digital Marketing - AidiaNetwork.com

Hanya melalui kata-kata, copywriter dituntut untuk bisa memengaruhi orang dan memunculkan hasrat untuk mencoba atau membeli produk atau jasa yang dimaksud. Bisa dibilang, ini adalah seni-nya. Bagaimana ia memikirkan sederet kata-kata menarik, misalnya untuk dijadikan slogan perusahaan atau kampanye, agar mereka yang membaca bisa terpengaruh. Atau bagaimana ia membuat dialog dalam video iklan, agar orang akan langsung ingat brand Anda ketika ada orang lain mengucapkan sepatah dua patah kata dialog dalam video. Jika Anda berpikir ini sulit, ya, memang bagi sebagian orang pekerjaan ini sulit. Tapi semua pakar mengatakan kemampuan seorang copywriter tidak berasal dari bakat alami, melainkan bisa dipelajari.

4. Prospek pekerjaan ini diramalkan akan terus berkembang, seiring dengan pertumbuhan bisnis

Peran Copywriter dan Prospeknya Di Dalam Dunia Digital Marketing - AidiaNetwork.com

Lalu bagaimana prospek pekerjaan ini ke depannya? Banyak orang meramalkan profesi ini akan semakin banyak diminati, sejalan dengan pertumbuhan bisnis di Indonesia atau dunia yang juga diramal akan semakin melonjak. Akan banyak bisnis-bisnis baru bermunculan, terutama yang bergerak di ranah online. Ini jelas jadi ‘lahan basah’ bagi orang-orang yang bercita-cita jadi copywriter handal.

Biasanya pekerjaan ini salah satu favorit fresh graduate, apalagi buat mereka yang tidak suka bekerja di lingkungan kerja formal dan lebih memilih profesi yang menantang. Seperti kita semua tahu, lingkungan kerja copywriter di agensi iklan cenderung sangat santai, jauh dari kesan kaku. Dan setiap harinya mereka hampir pasti menemukan klien yang berbeda dari sebelum-sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *