+62822-999-888-50

Ingin Meningkatkan Traffic Blog dan Website? Berikut 5 Jenis Konten Marketing yang Bisa Diterapkan

Content Marketing Platform

jenis konten marketing

Aidia Network – Manusia pada dasarnya memang menyukai hal-hal baru. Mereka cenderung bosan jika diberi sesuatu yang itu-itu saja. Fakta ini seharusnya bisa ‘dibaca’ para pelaku bisnis dalam menerapkan strategi konten marketing. Penyajian konten yang selalu sama justru akan membuat pelanggan bosan, dan pada akhirnya meninggalkan Anda, bahkan mungkin beralih ke kompetitor Anda. Maka dari itu, perlu adanya pembaruan atau inovasi terkait jenis konten apa yang Anda terapkan sebagai strategi konten marketing.

Konten yang beragam ternyata juga bisa meningkatkan traffic blog dan website Anda. Semakin tinggi traffic, semakin besar pula kemungkinan brand Anda dikenal khalayak luas. Berikut ini adalah jenis-jenis konten marketing yang bisa diterapkan untuk meningkatkan traffic blog atau website. Kali ini kita akan lebih fokus ke jenis konten dilihat dari topik apa yang dibahas, bukan berdasarkan formatnya. Yuk, simak!

5 Jenis Konten Marketing Untuk Meningkatkan Traffic Blog dan Website

1. Konten yang menjawab pertanyaan “Bagaimana…” dari konsumen

5 Jenis Konten Marketing Untuk Meningkatkan Traffic Blog dan Website

Sebelum membuat konten ini, ada baiknya Anda mencari tahu dulu, informasi apa yang sebenarnya dibutuhkan konsumen, khususnya yang dimulai dengan kata “Bagaimana”. Misalnya, “Bagaimana brand X mendapatkan kain tenun yang digunakan sebagai bahan dasar tas?” atau “Bagaimana cara order produk Y lewat website?”, dan lain sebagainya. Informasi semacam ini bisa dikemas dalam bentuk bermacam-macam, misalnya artikel, foto series, atau video singkat. Intinya konten jenis ini isinya adalah mengidentifikasi masalah dan memberikan solusinya.

2. Konten berupa opini tentang isu tertentu

5 Jenis Konten Marketing Untuk Meningkatkan Traffic Blog dan Website

Konten yang berisi opini bisa jadi konten yang kuat dan ekspresif. Anda bisa mengangkat isu tertentu yang sedang viral saat itu, dan memaparkan opini Anda tentangnya. Tapi ingat, isu yang Anda pilih harus yang relevan dengan brand Anda sendiri. Intinya dengan konten ini diharapkan brand Anda bisa semakin punya nilai dan identitasnya jadi lebih kuat. Misalnya, Anda membuat brand yang eco-friendly, Anda bisa beropini soal sampah plastik yang sudah semakin menumpuk, dan lain-lain. Formatnya juga bisa bermacam-macam, mau artikel, video, atau apapun, asal opini Anda kuat tidak jadi masalah.

Baca Juga : Strategi SEO Supaya Website Muncul di Halaman Pertama Google

3. Konten berisi panduan

jenis konten marketing

Kalau zaman sekarang konten panduan ini disebut tutorial. Konten ini banyak disukai karena memaparkan informasi yang runtut dan detail mengenai tata cara menggunakan sesuatu. Anda bisa memanfaatkan konten jenis ini untuk strategi marketing. Misalnya usaha Anda bergerak di bidang frozen food, Anda bisa membuat tutorial mengolah produk makanan beku menjadi santapan yang lezat. Atau misalnya bisnis Anda bergerak di bidang fashion muslimah, Anda bisa membuat tutorial memakai kerudung yang beda dari yang lain, dan seterusnya.

Baca Juga : Berikut Ini Adalah 4 Tahapan Trik Melakukan SEO Pada Website Usaha Anda

4. Konten berbentuk infografik

jenis konten marketing

Selain konten-konten untuk meningkatkan traffic blog dan website di atas, jenis konten lain yang banyak disukai adalah infografik. Hal ini karena dalam satu gambar saja, kita bisa tahu beragam informasi penting. Dibandingkan harus membaca artikel panjang-panjang, atau menonton video dengan durasi yang tidak sebentar, konten berbentuk infografik biasanya lebih banyak disukai. Meskipun tetap tergantung pada apa yang ingin disampaikan sih. Kalau informasinya terlalu kompleks dan memang butuh penjelasan panjang, infografik justru bukan pilihan tepat. Tapi jika informasi panjang tersebut bisa diringkas dan malah memudahkan pembaca untuk memahami isinya, infografik sangat dianjurkan. Apalagi jika dikemas dengan desain yang menarik, bukan tidak mungkin infografik Anda akan disebarkan ke lebih banyak orang.

Itulah jenis konten dilihat dari isinya, yang bisa diterapkan para pelaku usaha zaman now untuk meningkatkan traffic blog dan website. Perlu kita sadari bahwa era digital telah membawa perubahan besar khususnya di bidang bisnis. Jadi jangan lelah untuk terus bereksplorasi agar bisnis Anda semakin tumbuh pesat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *