+62822-999-888-50

6 Fitur Dalam Instagram yang Bisa Digunakan Untuk Menarik Perhatian Konsumen. Yuk, Terapkan!

Content Marketing Platform

Fitur Dalam Instagram

Aidia Network – Instagram jadi salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan konten produk atau jasa yang Anda jual secara online. Kenapa? Padahal banyak media sosial lain yang mungkin juga bisa digunakan. Hal ini karena Instagram sendiri saat ini jadi media sosial yang punya banyak sekali pengguna, baik di Indonesia maupun di luar. Tingkat aktivitas di Instagram juga tinggi. Dilansir dari sebuah sumber, setiap bulannya ada 400 juta lebih pengguna aktif di Instagram. Sampai saat ini juga sudah ada 40 miliar lebih foto yang diunggah di sana. Nah, satu-satunya cara agar Anda bisa memaksimalkan penggunaan media sosial ini adalah dengan mempelajari fitur-fitur dalam instagram. Dengan memanfaatkan fitur yang ada, konten-konten Anda juga akan semakin menarik dan tidak hanya berpusat pada 1 bentuk saja.

Berikut ini 6 fitur dalam Instagram yang bisa digunakan untuk menarik perhatian konsumen.

 

1. Multiple Photos

Fitur Dalam Instagram

Jika dulu Anda hanya bisa mengunggah 1 foto dalam sekali unggahan, kini Anda sudah bisa mengunggah maksimal 10 foto dalam satu kali unggahan. Tentu hal ini bisa jadi manfaat tersendiri untuk Anda yang menjadikan Instagram sebagai lapak berjualan. Contohnya, Anda bisa mengunggah sederet produk yang sama namun berbeda warna atau varian. Dengan begitu calon konsumen tak perlu membuka satu per satu unggahan di feed Anda. Cuma dengan geser layar ke kiri mereka sudah bisa melihat varian lain dalam satu jenis produk.

2. Membuat tagar tertentu untuk event giveaway

Fitur Dalam Instagram

Tagar dalam Instagram tidak dibuat tanpa alasan. Dengan mencari tagar tertentu, Anda bisa terhubung ke banyak unggahan yang memakai tagar yang sama. Manfaatkan penggunaan tagar ini karena tagar bisa memperbesar kemungkinan akun bisnis Anda diketahui orang lain. Sesekali adakan giveaway atau kompetisi kecil-kecilan menggunakan tagar tertentu, agar orang semakin tertarik mengunjungi lapak Anda.

3. Instastory dan fitur swipe up

Fitur Dalam Instagram

Semua pengguna aktif Instagram pasti tahu kalau Instagram punya fitur Instastory, yaitu penggunanya bisa mengunggah video atau foto yang akan otomatis hilang dalam waktu 1×24 jam. Tapi apakah Anda tahu jika dalam Instastory kita bisa memasukkan link yang otomatis terbuka kalau pengguna lain menggeser layar ke atas (swipe up)? Mungkin hanya sebagian orang yang tahu karena fitur ini cuma bisa digunakan mereka yang mengubah Instagramnya menjadi Instagram bisnis. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menuntun calon customer ke link website atau link promosi terkait bisnis Anda.

4. Polling di Instastory

Fitur Dalam Instagram

Selain fitur swipe up, Anda juga bisa melakukan polling atau riset kecil-kecilan terkait bisnis Anda. Misalnya Anda ingin mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan atas produk/jasa Anda, atau bagaimana pendapat pengikut Anda mengenai produk yang baru akan Anda luncurkan bulan depan. Banyak sekali yang bisa Anda dapatkan dari fitur ini, demi bisnis yang lebih baik lagi.

5. Feed menarik dengan tema yang konsisten

Fitur Dalam Instagram

Bayangkan home atau feed Instagram Anda adalah sebuah toko. Coba pikirkan bagaimana perasaan calon konsumen yang melihat toko Anda berantakan, barang tidak tertata dengan rapi, barang tidak dipajang dengan menarik, dan lain-lain. Tentu mereka akan pergi duluan sebelum melihat-lihat produk Anda. Sama halnya dengan feed yang harus ditata rapi agar calon pembeli benar-benar tertarik untuk masuk lebih dalam ke feed Anda, yang nanti pada akhirnya akan membuat mereka memutuskan membeli produk Anda. Minimal buat konten yang punya tema seragam atau setipe, misalnya dari filter foto, dan lain-lain.

6. Cantumkan website di profil bio

Fitur Dalam Instagram

Saat membuat akun pertama kali, pengguna Instagram sudah bisa memasukkan link terkait profilnya di bio yang nantinya akan terpampang saat pengguna lain membuka akun kita pertama kali. Jika Anda memiliki website khusus di luar Instagram, Anda bisa memasukkannya di bio akun bisnis Anda. Atau misalnya Anda sedang membuat event di YouTube yang menuntut partisipasi pelanggan, Anda juga bisa mencantumkan di sana.

Selain 6 fitur dalam instagram di atas, sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda manfaatkan. Tergantung kreatifitas Anda sebagai pelaku bisnis. Selamat mencoba ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *