+62822-999-888-50

4 Alasan Mengapa Konsumsi Konten Digital di Indonesia Meningkat Pesat

Content Marketing Platform

4 Alasan Mengapa Konsumsi Konten Digital di Indonesia Meningkat Pesat - AidiaNetwork.com

AidiaNetwork.com – Ada banyak perubahan yang terjadi di dunia ini jika dibandingkan dengan kehidupan berpuluh-puluh tahun silam. Salah satu perubahan yang tampak nyata adalah cara manusia mencari informasi. Zaman dahulu kala, manusia harus berpuas diri dengan hanya memperoleh informasi atau berita penting dari media cetak. Seiring berkembangnya waktu dan teknologi, kebutuhan akan informasi juga bisa diperoleh dari media elektronik seperti televisi dan radio. Tidak cukup sampai disitu, kini keberadaan komputer dan jaringan internet bahkan perlahan mampu menggantikan media-media lama sebelumnya.

Kita yang setiap hari bergelut dengan internet, tentu paham kalau di dalamnya terdapat ribuan bahkan jutaan konten digital yang bisa kita nikmati. Tidak hanya yang berbentuk teks saja, tapi juga visual, audio-visual, maupun kombinasi ketiganya. Perlahan namun pasti, konten-konten digital ini sudah jadi konsumsi sehari-hari manusia modern yang tidak bisa lepas dari teknologi. Tanpa sadar, dari bangun tidur sampai akan tidur lagi, kita pasti akan mengecek media sosial, media online, atau sekedar memastikan tidak ada pesan yang belum terbaca. Ketergantungan kita dengan konten digital ini tidak serta merta muncul begitu saja. Ada beberapa alasan di baliknya mengapa konsumsi konten digital di Indonesia meningkat pesat.

4 Alasan Mengapa Konsumsi Konten Digital di Indonesia Meningkat Pesat

1. Meningkatnya pengguna jaringan seluler, terbukti dengan tingginya angka penjualan gadget

4 Alasan Mengapa Konsumsi Konten Digital di Indonesia Meningkat Pesat - AidiaNetwork.com

Lain halnya dengan zaman orang tua kita, yang mana hanya orang-orang kalangan atas saja yang mampu membeli perangkat seluler. Kini, hampir semua orang dari berbagai kalangan, atas sampai bawah, memiliki ponsel pribadi. Ini karena sekarang dengan dana cuma ratusan ribu saja, orang sudah bisa membeli gadget lengkap dengan fitur yang memungkinkan mereka mengakses internet. Semakin ke sini, angka penjualan gadget khususnya telepon seluler semakin meningkat. Pengguna jaringan seluler tidak lagi didominasi orang-orang berduit, tapi juga mereka yang mungkin sehari-harinya hanya bekerja sebagai tukang tambal ban misalnya.

Baca juga : Meme, Jenis Konten Marketing Terbaik untuk Channel Media Sosial

2. Alasan di atas diperkuat dengan meningkat pula pengguna jejaring sosial, termasuk medsos seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain

4 Alasan Mengapa Konsumsi Konten Digital di Indonesia Meningkat Pesat - AidiaNetwork.com

Maraknya penggunaan ponsel, membuat banyak inovator membuat aplikasi-aplikasi yang bisa menjawab kebutuhan manusia akan berkomunikasi dan mencari informasi. Kemudahan-kemudahan yang dibawa platform-platform seperti Facebook, Instagram, atau Twitter, mengundang banyak sekali orang mengunduh dan menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari. Untuk yang satu ini, Indonesia termasuk jajaran negara dengan pengguna media sosial terbanyak lho! Mereka inilah yang membuat konsumsi konten digital di Indonesia meningkat pesat. Apalagi aplikasi-aplikasi di atas dilengkapi dengan fitur share atau bagikan. Wah, makin luas aja ya kontennya tersebar.

3. Maraknya kreator konten profesional, mulai dari yang bergerak secara individu sampai berbentuk badan usaha

4 Alasan Mengapa Konsumsi Konten Digital di Indonesia Meningkat Pesat - AidiaNetwork.com

Coba kalau bisa, hitung jumlah selebgram yang ada di medsos Instagram. Atau selebtweet di medsos Twitter. Orang-orang ini bisa dibilang sebagai pelopor berbagai tren yang ada, termasuk tren konten unik. Sekali mereka mengunggah konten entah berbentuk teks, visual, atau audio-visual, tentu banyak sekali orang yang tertarik membuat hal serupa. Contohnya video blog atau yang lebih dikenal vlog. Saat para kreator konten mengabadikan kehidupan sehari-harinya lewat sebuah vlog. Ada banyak orang terinspirasi hal serupa dan memutuskan membuat channel dan vlog sendiri di Youtube.

Baca juga : 6 Tipe Konten Video Marketing yang Cocok Diterapkan di Indonesia

4. Sulitnya media atau platform lama menyesuaikan diri mengikuti arus digitalisasi, membuat banyak orang beralih ke konten digital

4 Alasan Mengapa Konsumsi Konten Digital di Indonesia Meningkat Pesat - AidiaNetwork.com

Seperti yang tadi sudah dibahas sedikit, media-media lama perlahan tergerus oleh hadirnya teknologi-teknologi digital. Mirisnya, para “pemain” lama ini seolah kehabisan cara untuk bisa menyesuaikan diri mengikuti arus digital. Akibatnya, penikmat media lama jadi beralih ke konten-konten berbentuk digital. Ini karena kebutuhan mereka tidak lagi bisa terpenuhi hanya dengan menjadi penikmat media lawas. Alhasil, konsumsi konten digital di Indonesia pun jadi meningkat pesat.

Nah, sudah paham ‘kan kenapa manusia modern ini susah banget dilepaskan dari gadget, internet, dan segala bentuk konten digital di dalamnya. Kondisi ini tentu akan sangat berguna jika dimanfaatkan dengan baik oleh para penyedia jasa konten marketing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *