+62822-999-888-50

5 Alasan Kenapa Konten Marketing Jadi Metode Ideal Untuk Menarik Pasar Generasi Millennial

Content Marketing Platform

5 Alasan Kenapa Konten Marketing Jadi Metode Ideal Untuk Menarik Pasar Generasi Millennial

Aidia Network – Generasi millennial adalah¬†generasi yang lahir pada akhir tahun 80-an hingga awal 90-an, dengan kata lain, generasi ini ‘dihuni’ oleh mereka yang berusia 20-30an. Karakteristik yang paling menonjol dari kelompok millennial, mereka cenderung mengikuti tren, melek teknologi, haus informasi, berpikiran terbuka, kurang suka sistem yang kaku, dan menghargai sesuatu yang otentik. Jika Anda memiliki usaha yang pangsa pasarnya adalah generasi ini, Anda wajib memahami berbagai ciri-ciri yang melekat pada mereka.

Setelah mempelajari karakteristiknya, yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan strategi marketing yang cocok untuk menarik perhatian millennial. Salah satunya adalah konten marketing. Mengapa konten marketing dianggap paling cocok untuk millennial?

Berikut alasan kenapa konten marketing cocok untuk millenial

1. Seperti sudah dikatakan sebelumnya, millennial adalah generasi yang dekat dengan teknologi, dalam hal ini ponsel, tablet, dan komputer

5 Alasan Kenapa Konten Marketing Jadi Metode Ideal Untuk Menarik Pasar Generasi Millennial 1

Konten marketing identik dengan platform digital atau internet. Karena sebagian besar pengguna internet adalah millennial atau kaum muda, maka strategi ini dianggap pas jika bisnis Anda memang menyasar mereka. Lupakan sejenak cara pemasaran lama dengan memasang iklan di TV, radio, atau koran. Sebab millennial sudah jarang mengonsumsi media-media lama tersebut.

2. Millennial lebih sering mencari informasi baru melalui media sosial, termasuk rekomendasi produk atau tren terbaru

Millennial dan Media Sosial

Fakta di atas sangat cocok dengan strategi konten marketing yang cenderung memanfaatkan media sosial sebagai platform menyebarkan konten-kontennya. Ibaratnya jika Anda mencari tempat dimana kaum muda biasa ‘nongkrong’, media sosial-lah tempatnya. Segala kegiatan mereka sudah banyak terpusat di sana, mulai dari mencari produk terbaru, menciptakan tren kekinian, memperbanyak wawasan, sampai mencari jodoh.

3. Generasi millennial sudah semakin malas menanggapi iklan-iklan konvensional yang cenderung menyuruh atau memaksa memakai produk atau jasa

Iklan Konvensional

Berbeda dengan strategi marketing biasa, tujuan konten marketing tidak secara langsung membuat orang mau membeli produk yang dimaksud, melainkan lebih ke menggiring mereka agar punya rasa penasaran yang tinggi terhadap produk tersebut. Karena millennial sangat menyukai tren, strategi konten marketing ini bisa dimanfaatkan jika pasar Anda adalah kaum muda. Anda bisa membuat konten yang dekat dengan tren kekinian. Tapi ingat untuk tidak secara langsung menyuruh membeli, bisa dengan memberi informasi dan menjawab kebutuhan mereka. Dengan begitu produk Anda bisa lebih mengena hati millennial.

4. Kaum muda sangat suka hadiah. Menciptakan konten yang interaktif dan berhadiah uang atau barang bisa menarik perhatian mereka akan produk Anda

Giveaway

Millennial gemar mencari kesempatan untuk mendapatkan barang gratisan. Tidak cuma barang, mereka juga suka tertarik voucher atau diskon belanja. Manfaatkan kegemaran mereka ini untuk membuat sebuah kompetisi yang berhadiah barang gratisan, uang, voucher, atau kesempatan gratis berkunjung ke suatu tempat. Kompetisi semacam ini akan lebih menarik untuk diikuti jika penyampaiannya dilakukan lewat jejaring sosial.

5. Millennial selalu haus akan informasi. Maka dari itu memasarkan produk melalui konten-konten informatif akan lebih mereka sukai

Konten Informatif

Senjata utama konten marketing adalah konten itu sendiri. Pelaku bisnis yang menyasar kaum muda harus menyadari kalau target pasar mereka tidak lagi suka penyajian informasi produk secara gamblang, tapi juga apa yang ada di baliknya, misalnya isu sosial yang diangkat dan lain-lain. Melalui strategi ini, informasi-informasi macam itu bisa dibawa lewat konten-konten dalam media sosial. Misalnya dalam bentuk video, artikel, atau foto. Semakin konten menarik, maka millennial akan semakin tertarik.

Itu dia beberapa alasan kenapa konten marketing sangat dekat dengan millennial. Jadi jangan ragu untuk menerapkan strategi marketing yang satu ini ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *