+62822-999-888-50

5 Strategi Konten Marketing yang Bisa Diterapkan Untuk Bisnis Anda

Content Marketing Platform

Aidia Network – Meskipun terlihat mudah dilakukan, namun pada kenyataannya menerapkan strategi konten marketing sebagai strategi pemasaran tidak segampang membalikkan telapak tangan. Jika tidak dilakukan dengan tepat maka konten-konten yang telah dibuat akan sia-sia dan tidak membuahkan hasil. Tentu saja hasil yang dimaksud di sini adalah peningkatan angka penjualan.

Ada banyak aspek yang bisa membuat content marketing kurang berhasil, misalnya isi konten yang kurang tepat, pesan yang ingin disampaikan kurang jelas, konten kurang sesuai dengan target pasar, waktu pendistribusian konten yang kurang pas, dan lain-lain. Menanggapi risiko-risiko ini, pelaku usaha tak perlu khawatir karena sebenarnya semua itu bisa dipelajari. Tentu dengan menerapkan strategi-strategi ampuh agar content marketing berhasil dan tepat sasaran.

Berikut adalah strategi konten marketing yang bisa Anda terapkan.

1. Pasar dan audiens adalah kunci utama. Kenali dulu karakteristik mereka dengan baik sebelum membuat konten

Kenali Audiens

Sebelum memutuskan membuat konten, alangkah baiknya jika Anda mengenali dan memahami lebih dulu audiens yang ingin Anda sasar. Tujuannya agar konten Anda nantinya bisa dikonsumsi oleh audiens yang tepat. Jika Anda memanfaatkan media sosial untuk mendistribusikan konten bisnis Anda, biasanya setiap platform akan merekam data audiens yang melakukan aktivitas di akun Anda. Contohnya Instagram, yang punya tools untuk melihat data pengguna aktif yang mendatangi lapak Anda, mulai dari jenis kelamin, usia, domisili, dan jenis aktivitasnya. Dengan data ini Anda bisa memetakan konsumen potensial di masa mendatang dan membuat konten yang sesuai dengan ketertarikan mereka.

2. Setelah memahami berbagai sifat dan karakteristik audiens, cari tahu bagaimana bentuk konten yang tepat untuk mereka

Konten yang Tepat untuk strategi konten marketing

Sifat dan karakteristik audiens ini berguna untuk pelaku bisnis menentukan tipe konten yang tepat sasaran. Apakah dalam bentuk audio, visual, audio-visual, atau konten interaktif? Anda juga perlu mencari tahu apakah konten-konten yang Anda buat selama ini telah mampu menjawab kebutuhan audiens? Cara mencari tahunya bisa dengan membuat polling. Selalu ingat bahwa konten yang Anda buat harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen akan informasi produk Anda.

3. Jangan lelah mencari informasi-informasi terbaru yang sering dibicarakan di lini masa

Update Informasi Terbaru untuk strategi konten marketing

Jadilah pelaku bisnis yang selalu haus akan tren. Biasanya konten yang memuat tren atau informasi up to date akan lebih laku dan lebih banyak dilihat audiens. Situs berita atau blog yang relevan dengan bisnismu bisa jadi sumber penting. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan beberapa tool seperti Google Trends atau BuzzSumo untuk mencari topik-topik hangat di masyarakat, yang bisa jadi ide segar membuat konten baru.

4. Perhatikan waktu unggah konten di setiap platform, karena biasanya prime time di sana berbeda-beda

Prime Time di Media Sosial untuk strategi konten marketing

Setelah Anda punya konten, perhatikan waktu terbaik untuk mengunggahnya di platform yang dituju. Banyak sekali riset yang menyatakan hari dan jam terbaik mengunggah konten di sana. Biasanya setiap platform punya waktu terbaik berbeda-beda. Misalnya Facebook, yang tingkat engagement penggunanya lebih tinggi terjadi di akhir pekan antara pukul 1-3 sore.

5. Demi semakin meningkatkan engagement, libatkan diri Anda dengan konsumen misalnya dengan membuat lomba berhadiah

Membuat Campaign atau Giveaway

Tentu Anda sering melihat pelaku bisnis mengadakan giveaway atau undian berhadiah di internet. Atau mungkin saja Anda pernah mengikutinya. Cara itu bisa Anda tiru untuk meningkatkan engagement dalam akun bisnis Anda. Cara ini juga bisa meningkatkan brand awareness produk atau jasa yang Anda jual. Jika Anda bisa membuat kalender konten tentu akan lebih baik lagi. Misalnya Anda sudah merancang konten apa saja yang akan diunggah sebulan ke depan. Jangan lupa untuk membuat campaign menarik di hari-hari tertentu.

Meski terdengar sulit, tapi strategi konten marketing di atas bisa dipelajari dan diterapkan perlahan. Jika Anda sudah menemukan ‘feel‘nya, tentu akan semakin mudah ke depannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *