+62822-999-888-50

5 Langkah Vital dalam Membuat Strategi Konten

Content Marketing Platform

5 Langkah Vital dalam Membuat Strategi Konten

Strategi konten sangatlah penting untuk dibuat. Kenapa bisa begitu? Sebabnya strategi konten adalah alat untuk memberikan nilai tambah pada brand kamu. Strategi konten merupakan langkah untuk menghasilkan prospek bisnis yang lebih besar. Bisa juga berguna sebagai cara untuk meningkatkan penjualan atau kesadaran target pasar pada kehadiran bisnis kamu.

Idealnya strategi konten dibuat dengan melewati 5 langkah vital. Apa saja 5 langkah tersebut? Berikut ini ulasannya!

1. Menyadari posisi dan bisnis yang dilakukan

Sebelum melakukan sesuatu yang penting entah apa pun itu, ada satu hal yang harus dilakukan. Itu adalah mengenali diri sendiri secara teliti, termasuk dalam konteks ini adalah aktivitas bisnis yang kamu lakukan. Mulai dari siapa, bidang usaha, posisi & skala perusahaan, serta tujuan apa yang ingin dicapai ketika membuat strategi konten.

Satu hal lagi yang penting adalah memastikan, apakah strategi konten benar-benar dibutuhkan?

2. Lebih intim dengan target pembaca

Kata “intim” di sini berarti mendekati target pembaca agar bisa mengenali dan memahami lebih jauh. Apakah target pembaca yang dituju, memang benar-benar bisa membantu usaha atau bisnis kamu mencapai tujuan? Jika iya, dengan cara apa? Apakah membuatnya menjadi konsumen yang loyal atau menjadi pendukung yang selalu menyebarkan konten? Pertanyaan-pertanyaan tersebut baru bisa dijawab ketika kamu sudah memiliki keintiman dengan target pembaca.

Kalau sudah yakin dengan target pembaca, kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan lanjutan. Misalnya; apa yang membuat target pembaca tertarik; apa yang menjadi masalah mereka; serta kapan dan di mana mereka menghabiskan waktu untuk aktivitas online? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu kamu menyusun strategi ciamik!

Baca Juga : 6 Hal yang Bisa Dijadikan Tolak Ukur Keberhasilan Strategi Konten Marketing

3. Berpikirlah untuk selalu menjadi original!

Internet sudah terlalu dipenuhi copy-paste yang tersebar di mana-mana. Maka dari itu, kamu harus memasukkan prinsip orisinalitas dalam strategi konten. Konten yang sama dan diulang-ulang hanya akan membuat kamu ditinggalkan pembaca. Mereka jelas bosan!

Lalu, bagaimana caranya untuk membuat sesuatu hal yang orisinal? Cobalah mempertimbangkan core business, pengalaman dan pengetahuan unik, dan perspektif kamu sendiri. Coba terangkan bagaimana ketiga hal itu dapat membantu usaha atau bisnis kamu bertahan dan meraih kepercayaan konsumen. Kamu akan menemukan orisinalitas di sana!

Baca Juga : Penentu Keberhasilan Strategi Konten Marketing Dalam Sebuah Bisnis

4. Dokumentasi dan notulen itu penting!

Seringnya, orang kalau mendengar dokumentasi itu sudah alergi lebih dulu. Bayangan mereka terbang ke arah tumpukan kertas dan buku yang menjaring debu. Padahal sekarang sudah era digital, jadi kamu tidak perlu berpikir seperti itu.

Dokumentasi dan notulen itu penting. Kamu bisa mendapatkan banyak insight di sana dari catatan-catatan pelaksanaan strategi konten yang sudah pernah diterapkan. Agar tidak terlalu ribet, kamu bisa menuliskan hal-hal yang penting saja. Misalnya hambatan dan faktor yang mempengaruhi pencapaian hasil. Aktivitas ini mirip-mirip seperti pengumpulan data riset.

Baca Juga : Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menerapkan Strategi Konten Marketing

5. Selalu upayakan agar segala sesuatunya terukur

Pengukuran adalah sesuatu yang wajib dalam penerapan strategi. Bila strategi tidak bisa diukur, kita tidak bisa menyebut hasil yang diperoleh dengan kesuksesan atau kegagalan. Biasanya pengukuran ini dilakukan dengan membuat Key Performance Index (KPI). Pengukuran termasuk dalam proses dokumentasi yang bermanfaat sebagai bahan evaluasi strategi konten.

Itulah 5 langkah vital yang harus kamu lewati dalam penyusunan strategi konten. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *