+62822-999-888-50

Baru Memulai Usaha? Ini 5 Hal Tentang Konten Marketing yang Harus Anda Ketahui

Content Marketing Platform

Content Marketing Lebih Efisien

Dalam dunia bisnis, kegiatan pemasaran jadi satu elemen penting yang tidak boleh dilupakan. Bahkan pemasaran atau marketing jadi bagian krusial dalam sebuah usaha. Mengabaikan marketing dalam bisnis sama saja mengabaikan konsumen. Karena marketing jadi cara yang dilakukan penjual untuk menarik perhatian khalayak agar mau membeli produk atau jasanya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pelaku usaha untuk memasarkan produk atau jasanya. Misalnya dengan membuat iklan di TV komersial, surat kabar, atau mencetak brosur. Tapi semenjak penggunaan internet meluas, iklan-iklan konvensional tidak lagi dilirik konsumen. Perubahan konsumsi media di kalangan masyarakat ternyata juga mampu mengubah perilaku konsumen terhadap iklan. Kini, bisnis di era modern punya strategi pemasaran baru yang dinamakan pemasaran konten atau content marketing.

Simak 5 hal tentang konten marketing yang perlu Anda tahu.

1. Content marketing saat ini jadi elemen penting yang harus dipikirkan dengan matang oleh para pelaku usaha

Content Marketing

Content marketing sendiri adalah salah satu pendekatan dalam strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan sehingga bisa menarik perhatian konsumen akan suatu produk atau jasa. Dalam pengaplikasiannya, pendekatan ini juga dapat menciptakan loyalitas pada konsumen, tentu saja jika dilakukan secara konsisten.

2. Bagi pengusaha bisnis online, content marketing jadi tonggak penting guna mengenalkan produk atau jasa kepada khalayak

Bisnis Online

Bayangkan ada berapa juta orang di dunia yang mengakses internet. Jika Anda tidak benar-benar memikirkan strategi pemasaran konten Anda di internet, jangan pernah berharap produk Anda akan dilirik konsumen. Memikirkan target pasar saja tidak cukup, Anda juga perlu bekerja keras membuat konten menarik di internet. Apapun platform yang Anda gunakan, kualitas konten tetap nomor 1.

3. Content marketing dinilai lebih efisien ketimbang harus menawarkan produk atau jasa secara langsung

Content Marketing Lebih Efisien

Tidak bisa disangkal lagi kalau perkembangan teknologi telah memudahkan manusia dalam berkomunikasi satu sama lain. Manfaat teknologi yang tidak lagi mengenal ruang dan waktu ini juga bisa dirasakan dalam dunia bisnis. Menawarkan langsung produk atau jasa di lapangan nyatanya sudah tidak lagi efisien. Kini banyak pelaku usaha yang lebih memilih habis-habisan memikirkan strategi content marketing di media sosial dibanding harus berpanas-panasan menawarkan produk secara langsung. Mereka yakin bahwa jika pemilik bisnis konsisten menyampaikan informasi tentang produknya di berbagai platform di internet, maka konsumen akan memberi timbal balik berupa kesetiaan atau loyalty.

4. Konten berkualitas adalah kunci. Tapi ada juga hal lain yang harus diperhatikan pelaku usaha

Konten Berkualitas Adalah Kunci

Sebelum memikirkan kualitas konten, entah dalam bentuk foto, video, artikel, atau newsletter, pemilik bisnis harus lebih dulu melihat apa platform yang cocok digunakan untuk memasarkan produknya. Karena di internet sebenarnya banyak sekali platform yang bisa digunakan. Apakah mau website, media sosial, forum komunitas dan lain-lain. Media sosial pun banyak jenisnya. Hal ini disesuaikan dengan target pasarnya. Misal menyasar remaja usia 14-25 tahun, jenis kelamin perempuan, dan lain-lain. Dengan begitu, pelaku usaha bisa menentukan platform mana yang penggunanya paling sesuai dengan target pasarnya. Pun dengan konten yang juga bisa disesuaikan.

5. Kelebihan lain dari content marketing ini adalah biaya yang jauh lebih rendah jika dibandingkan memasang iklan di media konvensional

Biaya Lebih Murah

Biaya pemasaran yang murah tentu jadi kelebihan yang disukai banyak pelaku usaha. Bandingkan dengan memasang iklan di TV, surat kabar, atau radio yang jelas membutuhkan biaya tidak sedikit. Padahal konsumen telah banyak beralih ke media baru seperti internet. Membuat akun dan mengunggah konten di media sosial bisa dilakukan secara gratis. Tinggal bagaimana pelaku usaha pintar-pintar membuat konten berkualitas.

Nah, itu dia sekilas informasi tentang content marketing. Tentu menarik untuk dicoba, ‘kan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *